• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Direktorat Kemitraan dan Relasi Global
UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • Beranda
  • Tentang DKRG
    • Profil DKRG
    • Struktur Organisasi
    • Sekretariat dan Subdirektorat
  • Layanan Kerja Sama
    • Alur Pengajuan Kerja Sama
    • Dokumen Pendukung Kerja Sama
  • Kontak
  • Beranda
  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • UGM, GoTo, dan TikTok Berkolaborasi untuk Peningkatan Talenta Digital Indonesia: Langkah Strategis Menuju Pencapaian SDGs

UGM, GoTo, dan TikTok Berkolaborasi untuk Peningkatan Talenta Digital Indonesia: Langkah Strategis Menuju Pencapaian SDGs

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • 3 Januari 2024, 10.06
  • Oleh: jemy.partianto
  • 0

Yogyakarta, 15 Desember 2023 – Dalam upaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs), khususnya SDG 17 yang mengedepankan ‘Kemitraan untuk Mencapai Tujuan’, Universitas Gadjah Mada (UGM) telah melakukan langkah signifikan. Ruang Rektorat UGM menjadi lokasi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tripartit antara UGM, PT GoTo Tbk. (Gojek Tokopedia), dan TikTok Pte. Ltd. Kehadiran para pemimpin dari kedua perusahaan teknologi tersebut, yaitu Chief Technology Officer PT GoTo Tbk., Herman Widjaja, dan Direktur Eksekutif E-Commerce TikTok Pte. Ltd., Stephanie Susilo, menandai sebuah langkah maju dalam kerja sama strategis.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi UGM, Arief Setiawan Budi Nugroho, S.T., M.Eng., Ph.D. menyambut kedua delegasi tersebut dengan hangat, didampingi oleh Direktur Kemitraan dan Relasi Global, Prof. Dr. Puji Astuti, S.Si., M.Sc., Apt., Direktur Pengembangan Usaha, Dr. Hargo Utomo, M.B.A., serta beberapa pimpinan unit kerja termasuk Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) UGM.

Herman Widjaja, dalam sambutannya, menyatakan rasa bangga PT GoTo terhadap kesempatan ini, yang merupakan peluang emas bagi pengembangan talenta muda Indonesia. Khususnya, kontribusi mereka di GIK UGM diharapkan menjadi katalis bagi munculnya talenta-talenta digital yang berpotensi. Mengacu pada proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia antara 2020-2030, inisiatif ini menjadi sangat penting.

Sementara itu, Stephanie Susilo dari TikTok Pte.Ltd. juga menyampaikan antusiasmenya terhadap kemitraan ini. Menyadari peranan signifikan Indonesia, dengan populasi lebih dari 270 juta, dalam ekonomi digital global, TikTok berkomitmen untuk memperkuat UMKM dan talenta digital Indonesia. Kolaborasi ini akan memulai langkah baru dalam pengembangan talenta digital, dengan TikTok dan GoTo memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan Teknologi Digital Center di GIK UGM. Inisiatif ini sejalan dengan Tujuan SDG nomor 4, yaitu ‘Pendidikan Berkualitas’, untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta keterampilan dan literasi mahasiswa.

Arief Setiawan, memberikan apresiasi kepada PT GoTo dan TikTok atas kesediaan mereka berkolaborasi dengan UGM, yang merupakan manifestasi dari Tridharma Perguruan Tinggi. Beliau menekankan pentingnya sinergi antara dunia pendidikan dan bisnis dalam menciptakan ekosistem yang kondusif bagi inovasi dan pertumbuhan ekonomi. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu mewujudkan Tujuan SDG No.8, yaitu ‘Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi’, melalui dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta penciptaan lapangan kerja yang produktif dan layak.

Akhirnya, ketiga pihak berkomitmen untuk menyediakan sumber daya masing-masing, dengan UGM menyediakan tenaga ahli dari kalangan mahasiswa dan dosen dan tempat, sementara PT GoTo dan TikTok sebagai perusahaan teknologi akan memberikan pengetahuan, fasilitas, dana, program, dan akselerasi. MoU ini hanya merupakan langkah awal, diikuti dengan inisiasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk program-program seperti rekrutmen, magang/MBKM, dan kelas-kelas teknologi seperti AI Projects bagi mahasiswa UGM, membentuk mereka menjadi talenta muda digital Indonesia yang kompeten.

(Penulis: Jemy Partianto, Foto: M. Zia Ulil Albab, dan Editor: Johan S.M.)

Tags: GIK UGM GoTo SDGs Talenta Digital TikTok Tridharma Tujuan SDG UGM

Kabar UGM

  • Kisah Elsa, Anak Marbot Masjid Lolos Masuk UGM Tanpa Tes dan Beasiswa Subsidi UKT 
  • Covid-19 di Asia Naik Lagi, Pakar UGM Himbau Masyarakat Tetap Waspada Meski Varian Omicron di RI Berbeda 
  • UGM Kukuhkan 2 Guru Besar dari Departemen Teknik Nuklir dan Fisika
  • Gandeng Media, UGM dan Deakin University Dorong Penguatan Komunikasi Kebijakan Perubahan Iklim
  • Soal Larangan Study Tour, Puspar UGM Dorong Pasar Wisata Baru Kelompok Minat Khusus
  • Rektor UGM Buka Turnamen Tenis Antar Pegawai
  • UGM Bentuk Tim Komite Etik Terkait Sanksi Akademik Mahasiswa Pelaku Kasus Kecelakaan
  • Krisis Iklim Jadi Tantangan Besar Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan
  • Terbiasa Menyusun Rencana Studi, Yunita Berhasil Lulus S1 Tercepat di UGM 
  • Komika dan Kritiknya Bantu Tingkatkan Kesadaran Politik Masyarakat
Universitas Gadjah Mada

Direktorat Kemitraan dan Relasi Global

Gedung Pusat UGM, Lt. 2 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
(0274) 649 1928
dit.ka@ugm.ac.id

TENTANG KAMI

  • Struktur Organisasi
  • Sekretariat dan Subdirektorat
  • Alur Pengajuan Kerja Sama
  • Dokumen Pendukung Kerja Sama

Sosial Media Internasional

Sosial Media Kerja Sama Dalam Negeri

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY